Pengembangan dan Manajemen Diri


Apa sih pengembangan diri itu?

Pengembangan Diri

ialah proses pembentukan diri dari kebiasaan yang sebelumnya kurang baik, menjadi kebiasaan yang lebih baik yang mana pengembangan diri mencakup:

  1. Meningkatkan kesadaran diri
  2. Meningkatkan pegetahuan diri
  3. Meningkatkan ketrampilan atau mempelajari ketrampilan baru
  4. Membangun atau memberbaharui identitas atau harga diri  
  5. Mengembangkan kekuatan atau bakat
  6. Mengidentifikasi atau meningkatkan potensi
  7. Meningkatkan gaya hidup atau kualitas hidup
  8. Meningkatkan kemampuan sosial
Untuk menjadi orang sukses harus ada beberapa dasar atau keyakinan yang ditanamkan dalam diri masing masing yaitu:
  • Ia Mau Berubah
  • Ia Harus Berubah
  • Ia Dapat Berubah
dengan keyakinan dasar itu, diharapkan dapat ditanamkan dalam diri masing masing agar seseorang bisa berubah dari yang sebelumnya belum atau kurang baik, menjadi seseorang yang semakin menjadi lebih baik

Manajemen Diri

Apa itu manajemen diri?
Manajemen diri berasal dari bahasa perancis kuno, yaitu menagement seni melaksanakan dan mengatur ataupun bisa diartikan seni melakukan pengaturan diri untuk mengikuti kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi untuk mencapai tujuan pribadi

Yang dimana tujuan pribadi harus kita list untuk mengetahui mana yang harus dilaksanakan terlebih dahulu mana yang bisa ditunda sementara bila tidak memengaruhi diri secarasigniifikan karena memeng kita harus mengetahui skala prioritas yang dimana kita tahu mana yang harus didahulukan, karena memang untuk mengembangkan diri sendiri bahkan bisa memengaruhi orang lain untuk berkembang bersama

juga dimana ikut organisasi juga diperlukan untuk mencari pengalaman yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam dunia kerja yang juga mengandung fungsi:

  • Fungsi Perencanaan yaitu mencakup pada kegiatan yang ditujukan untuk  menyusun program kerja selama beberapa periode tertentu berdasar visi, misi, dan tujuan
  • Fungsi Pengorganisasian yaitu mencakup upaya untuk mengorganisasikan sumber daya yang tersedia
  • Fungsi Pelaksanaaan yaitu mencakup semua proses pelaksanaan kegiatan sesuai rencana yang di buat
  • Fungsi Evaluasi yaitu mencakup untuk mengevaluasi dari apa yang telah kita lakukan mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan
Macam macam manajemen diri
  1. Manajemen waktu: Menyesuaikan dengan waktu yang tersedia
  2. Manajemen perasaan: Menyesuaikan dengan minat dan niat dalam diri
  3. Manajemen kegiatan: menyesuaikan dengan banyaknya kegiatan yang diikuti
Ada beberapa prinsip dalam manajemen waktu
  • Menyusun Rencana: harus menyusun rencana sendiri
  • Fokus: sesuai dengann fokus ataua minat diri
  • pelaksanaan: Proses penerapan hal yang telah dilakukan sebelumnya

Manajemen itu tidak mudah, juga tidak terlalu susah karena memang dapat dilihat dari kelemahan dan kelebihan dimana kita dituntut untuk jadi lebih baik

Komentar