ETIKA BERKOMUNIKASI

Narasumber: isti Aning Ika H

Apasih Etika itu? dan Apakah Komunikasi itu?
Etika adalah Kumpulan Asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq atau bisa juga dianggap dan termasuk dalam kebiasaan kita

Komunikasi adalah proses dua orang atau lebih yang saling bertukar pikiran dan bertukar informasi

Adapula jenis komunikasi yang harus kita ketahui yaitu:

  • Verbal yaitu jenis komunikasi yang diucapkan secara langsung dalam maksud yang akan disampaikan serta tujuan dari komunikasi tersebut 
  • Non Verbal yaitu jenis komunikasi secara tidak langsung yang menggunakan ekspresi serta gerak tubuh untuk menyampaikan pesan atau infomasi tertentu
Berkenaan dengan hakikat komunikasi itu sendiri, ada pula tujuan komunikasi yaitu:
  1. To Inform: Melaporkan dan memberitahukan suatu pesan atau informasi
  2. To Entertain: Menjamu dan menghibur
  3. To Persuade: Membujuk, mengajak, mendesak, dan meyakinkan
Ada pula faktor atau penunjang dari komunikasi yaitu:
  • Komunikator: Sebagai pembawa pesan
  • Pesan: Hal yang akan disampaikan
  • Media: Sarana untuk menyampaikan informasi
  • Komunikan: Sebagai penerima pesan
Komunikasi akan berjalan lancar apabila faktor atau penunjang tersebut dipenuhi dengan baik, jiakalau ada salah satu faktor atau penunjang yang tidak dipenuhi, maka Komunikasi tetap berjalan, akan tetapi tidak lancar.

ETIKA DALAM BERKOMUNIKASI


  1.  Menunjukkan senyum ramah dan bersahabat
  2. Menggunakan bahasa yang sopan
  3. Memberikan tatapan mata ramah
  4. Menggunakan intonasi yang tidak membuat lawan bicara merasa terganggu
  5. Menunjukkan ekspresi ramah dan menarik lawan bicara
  6. Menggunakan pilihan kata yang tidak berbelit dan mudah dimengerti
  7. Sikap yang wajar, tenang, dan tidak kaku
  8. Kelancaran berbicara
  9. Kesediaan menghargai pendapat orang lain
  10. Gerak gerik dan mimik yang tepat
  11. Kenyaringan suara
  12. Topik yang berkesinambungan
Selain Etika dalam berkomunikasi kita tidak boleh lupa dengan sikap positif yang dapat timbul karena komunikasi yaitu:
  • Adanya kesamaan kepentingan antara komunikator dan komunikan
  • Pikiran atau gagasan ide yang  diutarakan dapat diterima kedua belah pihak dan dapat mendatangkan manfaat
  • Saling mendukung antara kedua belah pihak agar saling membantu satu sama lain
  • Ada unsur empati pada lawan bicara contohnya adalah jikalau suatu ketika pendapat lawan bicara tidak dapat diterima oleh orang lain
jikalau ada dampak positif dari komunikasi, jelas akan ada dampak negatif dari buruknya komunikasi, yaitu:
  • Tidak ada ketertarikan
  • Timbul kebingungan
  • Menimbulkan masalah
  • Menyusahkan orang lain
  • Membuat frustasi
  • Produktivitas rendah
  • Membuang waktu
  • Timbul kesalah pahaman
  • Sikap acuh tak acuh

Untuk Menghindari Komunikasi yang buruk, dianjurkan melakukan komunikasi yang efektif dengan cara;


  1. Topik yang sesuai bagi kedua belah pihak
  2. Sisipkan pertanyaan yang dapat membuat lawan bicara tertarik
  3. Menghargai lawan bicara
  4. Intonasi yang baik antara dua belah pihak
  5. kedua belah pihak mengerti apa yang dibicarakan
  6. Mendengarkan dengan ekspresi
  7. Bubuhkan senyum diantara pembicaraan
  8. Tampak lebih enerjik dari lawan bicara agae ketertarikan akan semakin meningkat
  9. Gunakan bahasa yang sopan
  10. Pilihlah kata kata yang tidak melukai perasaan lawan bicara 
  11. Berikan tanggapan yang sesuai
  12. Mengerti situasi sekitar

Komentar