Leadership

LEADERSHIP

Narasumber: Abhimata Zuhra Pramudita


Leadership atau kepemimpinan ialah seni untuk memengaruhi dan menggerakkan orang orang dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.
pada kenyataannya memimpin adalah sesuatu yang gampang gampang susah, karena apa? dalam prakteknya, seringkali, para anggota memiliki skill atau kemampuan yang berada diatas pemimpin mereka yang membuat mereka seringkali tidak mau menurut atau tidak mau mengikuti arahan dari pemimpin mereka.

semua orang memiliki cara memimpin yang berbeda, dengan melihat dari kebiasaan anggotanya agar bisa menempatkan diri dengan baik, yang berkaitan dengan hasil pekerjaan dan psikologisnya.

 Kunci Dari Leadership

  1. Pemimpin
yaitu seorang individu manusia yang diamanahi untuk memimpin subordinat yang bertugas mengantarkan, mengetahui, mempelopori, memberi petunjuk, mendidik, memberi bimbingan, dan menggerakkan anggota yang berada di bawah pimpinannya. 

disamping tugas tersebut, ada beberapa fungsi pemimpin, antara lain:
  • perencanaan
  • pelaksanaan
  • tenaga ahli
  • wakil kelompok luar
  • pengawas dan pengendali
  • pelaksana hukuman dan pujian
dengan juga fungsi utama yaitu:
  1. Pelerai anggota yang berselisih
  2. Menjadi suri tauladan
  3. Pecinta ideologi kelompok
  4. penanggung jawab

Macam Macam Kepemimpinan


  1. Gaya kepemimpinan Otoriter yaitu gaya kepemimpinan dimana segala pengambilan keputusan berasal dari pemimpin sendiri secara penuh
  2. Gaya kepemimpina Demokratis yaitu merupakan gaya kepemimpinan dimana segala pengambilan keputusan berasal dari pimpinan dan anggota yang ada di bawahnya.
  3. Gaya kepemimpinan Bebas yaitu merupakan gaya kepemimpinan dimana pengambilan keputusan berasal dari berbagai sisi atau bebas.
untuk kalian yang hendak menjadi pemimpin, sebaiknya kalian harus dapat mengimbangi anggota kalian, harus bisa merakyat, dan luwes dalam menggunakan keterampilan sebagai pemimpin.
Sebelum menjadi pemimpin atau hendak memimpin, ada beberapa hal yang harus kalian kenali, yaitu:

  1. Kenali dirimu
  2. Kenali situasi yang dihadapi
  3. Pilih gaya kepemimpinan yang cocok untuk situasi yang anda hadapi
  4. penuhi kebutuhan tugas
  5. penuhi kebutuhan kelompok
  6. penuhi kebutuhan individu
kemampuan mengambil keputusan juga sangat diperlukan dalam situasi tertentu, keputusan harus diambil sepihak, bukan karena gaya kepemimpinan yang otoriter, tetapi karena memang dalam situasi tersebut harus diambil keputusan secepat cepatnya. dan, jika ada anggota yang tidak melaksanakan tugas dengan semestinya, bimbing dia, jika masih juga tidak melaksanakan tugas, beri dia teguran atau hukuman untuk anggota tersebut.

kepemimpinan adalah sikap seseorang untuk memengaruhi orang lain yang disertai kerjasama dan kepercayaan demi mencapai tujuan bersama tetapi dalam kenyataan, praktiknya gampang gampang susah. dan sebelum memimpin orang lain, persiapkan dirimu sebaik mungkin. juga harus memiliki kemampuan mengambil keputusan.
by: DmsShfr 

Komentar